Selasa, 19 Mei 2020

#dirumahajayuk!

Hai teman-teman!

Apa kabar? Kira-kira sudah 3 bulan ya kita di rumah. Selama karantina di rumah, kalian ngapain aja nih? Kalian merasa bosan nggak? Jika kalian merasa bosan, sama aku juga. Hayo ngaku, siapa yang selama karantina ini selalu rebahan, nggak baik loh buat tubuh jika dilakukan terus-menerus. Lantas apa saja yang harus dilakukan?


Ada sisi positif akibat dari pandemi ini, misalnya kita bisa mengakrabkan diri dengan keluarga, mendekatkan diri dengan Tuhan, melakukan selfcare dan mencoba hobi baru. Kita juga dapat meringankan beban orangtua dengan menjaga kebersihan rumah. Karena kebersihan adalah sebagian dari Iman, kebersihan pun pangkal dari kesehatan tubuh.


Membenahi/membersihkan rumah memang menjadi salah satu aktivitas yang menyebalkan, tapi harus dibiasakan dan wajib dilakukan. Karena rumah yang kotor atau berantakan dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Kesehatan ini tidak hanya meliputi kesehatan fisik saja tetapi juga mental.

Bila rumah bersih maka akan banyak sekali manfaatnya, seperti:

1. Terhindar dari penyakit
Virus dan banteri yang sangat berisiko terhadap kesehatan ini dapat menempel di mana saja, termasuk pada setiap permukaan benda yang ada di rumah. Salah satu cara untuk menyingkirkannya adalah dengan membersihkan setiap permukaan benda tersebut secara berkala. Jika kita rutin membersihkan rumah, maka akan menghambat dan mematikan perkembangan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit-penyakit yang berbahaya.


       2. Tubuh menjadi aktif bergerak
Buat kalian yang tidak punya waktu untuk olahraga kalian bisa juga dengan alternatif lain yaitu membersihkan rumah. Karena dengan membersihkan rumah membuat kita aktif bergerak kesana-kemari. Selain rumah menjadi bersih, tubuh juga akan tetap sehat dan bugar.

       3. Menimbulkan rasa nyaman
Darby Saxbe, psikologis dari University of Southern California, dalam artikelnya Why Cleaning Makes Some People Feel Less Anxious mengatakan kegiatan repetitif yang dikerjakan saat bersih-bersih membantu membangun mekanisme kognitif pada otak yang menghilangkan perasaan cemas. Hal ini menunjukkan tingkat stres seseorang berkaitan dengan ruang tempat seseorang berada, jika tempat tersebut bersih dan rapi maka akan timbul perasaan lega, bahagia dan nyaman, serta lebih berkonsentrasi dalam bekerja. Sebaliknya jika seseorang berada di tempat yang berantakan dan kotor maka orang tersebut akan merasakan sesak dan sumpek yang berakibat pada gangguan psikologisnya.



Nah, dari semua manfaat diatas tadi kita diharapkan dapat meluangkan sedikit waktu untuk bersih-bersih rumah, selain itu kita juga diimbau untuk mematuhi peraturan yang diberikan pemerintah selama pandemi ini. Jangan lupa cuci tangan kalian! Jadilah warga negara yang bijak dan #DiRumahAja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#dirumahajayuk!

Hai teman-teman! Apa kabar? Kira-kira sudah 3 bulan ya kita di rumah. Selama karantina di rumah, kalian ngapain aja nih ? Kalian merasa ...