Senin, 20 April 2020

Upacara Memperingati Hari Kesehatan Nasional

Hai teman-teman!

Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55, pada tanggal 12 November 2019 kampus kami diundang untuk menjadi salah satu peserta upacara di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah. Upacara tersebut dipimpin oleh Pak Ganjar Pranowo dan mengambil tema "Generasi Sehat, Indonesia Unggul". Selain kampus kami ada kampus lain di Jawa Tengah dari jurusan kesehatan diundang juga. Kami mengenakan jas almamater dari kampus kami masing-masing.

Dalam amanatnya Pak Ganjar membacakan pidato yang disampaikan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto yang mengangkat isu stunting dan jaminan nasional kesehatan.

Sumber: TribunJateng.com
Ganjar juga meminta seluruh instansi kesehatan memprioritaskan penggunaan alat kesehatan produksi dalam negeri yang kualiasnya tidak kalah dengan produk luar negeri, selain itu sudah memenuhi syarat dari Kementerian Kesehatan dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Menurut Yulianto Prabowo, Kepala Dinas Kesehatan Jateng, jika diinventarisikan masalah kesehatan prioritas di Jateng ada sekitar delapan masalah, yakni angka kematian ibu, angka kematian bayi, menurunkan angka stunting hingga 20 persenKemudian, mengeliminasi penyakit TBC, HIV/AIDS, malaria, penyakit tidak menular (kanker, gangguan jiwa, dan sebagainya), mensukseskan jaminan nasional atau universal coverage dalam waktu lima tahun mendatang.
Upaya yang dilakukan pemprov saat ini menggalakan gerakan Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng). Gerakan komprehensif ini melibatkan lintas sektor dari hulu ke hilir. Pendekatan yang dilakukan tidak hanya pas kehamilan, namun sebelum perkawinan.
Gambar 2: Perwakilan kampus Polteka Mangunwijaya di Hari Peringatan Kesehatan Nasional ke-55

Gambar 3: Beberapa mahasiswa Polteka Mangunwijaya dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55
Intinya, aku merasa sangat senang karena dapat memeriahkan HKN ini bersama teman-temanku dan mahasiswa yang lain. Oh iya, karena saat ini masih marak virus corona aku harap kalian tetap jaga jarak dan menjaga kesehatan dan jangan lupa selalu cuci tangan. Sekian dan terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#dirumahajayuk!

Hai teman-teman! Apa kabar? Kira-kira sudah 3 bulan ya kita di rumah. Selama karantina di rumah, kalian ngapain aja nih ? Kalian merasa ...