Senin, 20 April 2020

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

Hai teman-teman!

Aku akan berbagi sedikit pengalaman nih tentang keikutsertaanku dalam kegiatan PKM. Kalian tahu nggak sih apa itu PKM? PKM adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang kemudian berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa pada tahun 2001. Sekarang ini PKM memiliki 7 jenis kegiatan yakni PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Selain PKM-AI, semua PKM akan dilombakan di dalam PIMNAS.

Adapun Manfaat PKM bagi mahasiswa antara lain mengasah kreativitas, mengasah menulis dan menyampaikan serta menuangkan ide, mendapat pengalaman, mendapat pengakuan, dan mendapat kenalan atau koneksi dan yang paling besar manfaatnya ialah membantu membangun Indonesia atau daerah setempat melalui ide-ide kreatif yang dimiliki. Dalam membuat PKM, yang harus mahasiswa lakukan apabila tidak memiliki ide kreatif dapat melakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Ide-ide PKM tidak harus yang rumit, cukup yang sederhana, sesuai isu global yang terjadi sekarang, dan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas serta mengangkat kearifan lokal. (Sumber: Kemendikbud).

PKM ini merupakan kegiatan kemahasiswaan pertama yang aku ikuti dan aku berkesempatan menjadi ketua dalam kelompok PKM ku. Awalnya aku bingung dan keteteran karena aku belum memiliki pengalaman mengikuti kegiatan ini. Tapi, dosen dan teman-teman sangat mendukungku. Aku mengambil bidang kewirausahaan. Judul PKM-K kelompokku adalah “KRIPEK (KRIPIK PEMPEK) INOVASI JAJANAN KHAS PALEMBANG”.
Gambar 1: Cover Proposal PKM

Kegiatan Kompetisi Proposal bertempat Aula Wisma KPP Keuskupan Agung Semarang, dilaksanakan pada Jumat, 8 November 2019. Proposal PKM yang masuk ke panitia untuk diseleksi : PKM-P sebanyak 19 proposal, dan PKM-K sebanyak 17 proposal. Jumlah proposal lolos seleksi yang berhak ikut kompetisi PKM internal Polteka total : 30 proposal (PKM-P 15, PKM-K 15), sekaligus berkas ikut kompetisi pkm yg diselenggarakan Ditjen Belmawa Kemendikbud. Puji Tuhan proposal kami termasuk yang lolos 15 besar tersebut. Tapi, kami hanya sampai 15 besar saja tidak sampai 5 besar. Meskipun begitu aku dan kelompokku tetap senang :)
(Sumber gambar: Website POLTEKA)
Gambar 3: Sertifikat Mengikuti Kegiatan PKM
Gambar 4: Sertifikat Mengikuti Workshop PKM




























Itu adalah sedikit pengalamanku selama mengikuti PKM. Sekian dan Terimaksih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#dirumahajayuk!

Hai teman-teman! Apa kabar? Kira-kira sudah 3 bulan ya kita di rumah. Selama karantina di rumah, kalian ngapain aja nih ? Kalian merasa ...