Senin, 20 April 2020

Kegiatan Kuliah Praktikum Farmasi

Hai teman-teman!

Kali ini aku akan bercerita sedikit tentang kegiatan perkuliahan, khususnya praktik. Tapi, tidak semua aku ceritakan disini hanya salah satu praktikum saja. Jika kalian kuliah D3 jurusan Farmasi maka akan banyak sekali praktik yang kalian lakukan.
Praktikum sendiri bertujuan agar ketrampilan mahasiswa/mahasiswi dapat meningkat serta mengaplikasikan teori atau penyelidikan atau pembuktian ilmiah.

Misalnya praktik Teknologi Sediaan Cair dan Semi Padat, ini adalah kelanjutan dari praktik farmasetika dasar pada Semester 1 hanya lebih dipesempit saja. Biasanya sebelum praktik, akan ada pretest terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengerti apa saja yang akan dilakukan saat praktik, meskipun nanti akan dijelaskan lagi oleh dosen pembimbing. Semester 2 ini aku masih praktik untuk membuat sediaan cair, belum bisa dilanjutkna karena terhalang COVID-19. Ternyata sedian obat cair itu bukan hanya sirup saja, tetapi ada solutio, elixir, suspensi, emulsi, dry syrup, guttae dan injeksi.


Dalam pembuatan sediaan cair, tidak semudah itu. Kita harus menentukan dan menghitung formula yang akan kita buat sendiri. Dosis obat juga dihitung agar takaran obat untuk pasien tepat. Agar pengukuran bahan-bahan tepat digunakan timbangan digital.
Ada bahan tambahan dalam pembuatan sediaan cair, yaitu pengawet. Karena pelarut utamanya adalah air, maka digunakan pengawet dalam pembuatannya. Air merupakan media yang baik dalam pertumbuhan maupun perkembangbiakan mikroorganisme, sehingga diperlukan pengawet/preservatif. Selain itu ada pemanis, surfaktan/suspending agent/emulgator, corrigen odoris untuk memperbaiki bau, corrigen coloris untuk memperbaiki warna, corrigen saporis untuk memperbaiki rasa, dan alkohol sebagai pengawet serta pelarut (pada elixir).  
Setelah membuat sediaan biasanya akan dilakukan uji evaluasi yang meliputi uji organoleptis (bentuk, rasa, bau dan warna), uji viskositas (kekentalan), uji bobot jenis, pH, kejernihan dan pembuatan kemasan.
Praktik ini adalah praktik yang paling seru menurutku karena pengalaman yang benar-benar baru untukku.
Gambar 1: Pengamatan Sedimentasi pada Suspensi
Gambar 2: Sedimentasi pada Suspensi



Cukup sekian cerita tentang kegiatan praktikku, hehe. Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#dirumahajayuk!

Hai teman-teman! Apa kabar? Kira-kira sudah 3 bulan ya kita di rumah. Selama karantina di rumah, kalian ngapain aja nih ? Kalian merasa ...