Senin, 20 April 2020

My PKKMB Experience

Hai teman-teman!

Apa kabar? hehe :)
Biasanya kita akan mengalami masa orientasi saat penerimaan mahasiswa baru, yaitu Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru atau lebih dikenal dengan PKKMB. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan mahasiswa dengan lingkungan kampus. PKKMB diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik disertai wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam radikalisme dengan metode yang tepat,  penyelenggaraan PKKMB difokuskan pada upaya pendewasaan dan pembelajaran dengan tertib dan tidak ada kekerasan verbal, fisik maupun mental.


Gambar 1: Perkenalan Anggota BEM
Hari pertama PKKMB diisi dengan perkenalan diri dari anggota BEM. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok, ada 10 kelompok waktu itu, setiap kelompok berisi 7-8 maba (mahasiswa baru). Setiap kelompok akan diberi materi awal  mula di dirikannya kampus kami, kemudian kita menceritakan/mempresentasikan kembali apa yang sudah dijelaskan tadi.
Waktu itu aku belum mengenal siapa-siapa, jadi mau tidak mau aku harus berkenalan dengan anggota kelompokku. Lumayan dapat teman baru juga. Hari pertama ini masih memakai pakaian yang bebas, sopan dan rapi.

Hari kedua, sedikit lebih formal. Kami memakai kemeja putih dan bawah hitam, karena akan dilakukan upacara serta dihadiri rektor kami. Upacara dilaksanakan di dalam gedung aula di kampus 3, seharian penuh kami di dalam gedung, kecuali saat makan siang. Meskipun hanya duduk saja, tapi jujur itu melelahkan. Di akhir acara kami dibagi dalam kelompok lagi, tetapi kelompoknya sedikit berbeda dari hari pertama karena kelompok dibagi berdasarkan jurusan.

Hari ketiga sangatlah seru, karena diisi permainan dan kebetulan waktu itu mendekati Hari Kemerdekaan jadi sekalian untuk memeriahkannya. Ada 41 anak dalam prodi farmasi kami, tidak banyak tetapi orang-orangnya menyenangkan dan baik. Aku mendapat teman baru lagi hari itu.
Gambar 2: Membuat yel-yel kelompok
Gambar 3: Permainan Estafet Es Batu
Gambar 4: Permianan Berpindah Tempat
Selain itu para dosen beserta staff juga memperkenalkan diri mereka. Kami benar-benar dikenalkan mata kuliah apa saja yang akan kami pelajari nanti dan kami juga ditunjukkan laboratorium apa saja yang ada di kampus.
Gambar 5: Perkenalan diri para dosen dan staff
Hari terakhir dalam PKKMB semua prodi dijadikan satu di kampus 2, yaitu farmasi (FYI: ada 3 kampus, kampus 1 prodi teknik kimia, kampus 2 prodi farmasi dan kampus 3 analis kesehatan). Kami memakai baju almamater kampus dan ada sedikit permainan, setelah itu kami dibawa oleh anggota BEM untuk mengelilingi 3 kampus kami. Dalam perjalanan ada pos-pos yang setiap posnya terdapat permainan. Hari terakhir ini selesainya sampai malam sekitar pukul 22.00. Itu merupakan hari yang sangat-sangat melelahkan dan sangat-sangat seru :D.
Gambar 5: Kumpulan MABA dari 3 prodi
Sekian pengalamanku selama mengikuti kegiatan PKKMB. Terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#dirumahajayuk!

Hai teman-teman! Apa kabar? Kira-kira sudah 3 bulan ya kita di rumah. Selama karantina di rumah, kalian ngapain aja nih ? Kalian merasa ...